Rabu, 17 Agustus 2011

Merah Putih di Puncak Merapi

Hari ini tanggal 17 Agustus 2011. Biasanya saya tidak pernah tertarik dengan upacara bendera atau sekadar mengibarkan bendera di depan rumah. menurut saya, nasionalisme tidak selalu harus dipupuk dengan cara upacara, atau nasionalisme juga tidak hanya sekadar mengibarkan bendera di depan rumah tiap acara 17an. 

Berbeda dengan ulang tahun Tanah Air tercinta kali ini. Ajakan dari seorang teman untuk mengibarkan bendera Merah Putih di puncak Gunung Merapi sangat membuat saya tertarik. Saya belum pernah sekalipun pergi naik gunung, tentunya sebelum hari ini. Dan tawaran untuk membuat kali pertama naik gunung sambil merayakan hari ulang tahun negeri ini adalah hal yang sulit untuk ditolak. 

Mulailah saya mendaki Merapi bersama dengan 4 teman yang lain pada tanggal 16 Agustus siang menjelang sore hari. Pemandangan alam dari ketinggian adalah selalu membuat saya kagum. Kagum dengan keindahan dan takut dengan kekuatan alam (dan tentu takut ketinggiannya)

Jalan yang kami lalui kebanyakan adalah jalan setapak yang berbatu, yang menjadi agak berbeda adalah debunya yang sangat banyak, terlalu banyak bisa dibilang.  Karena memulai pendakian saat matahari masih bersinar cukup kuat, makanya kami cukup sering berhenti, sekadar ingin bersembunyi dari curahan sinar matahari.

Hari menjelang gelap dan kami memutuskan mendirikan tenda dekat gua batu, sesuai dengan saran teman yang belum lama yang lalu mendaki merapi juga. Hangat di dalam gua itu, tapi yang menyedihkan adalah orang yang memakai gua itu sebelum kami tidak membersihkan sampahnya. Masih berserakan bungkus kertas bekas nasi, bungkus mie instan, dll.  

Tepat di hari ulang taun kemerdekaan Negara ini, saya disuguhkan lagi lagi dengan keindahan alam Indonesia. Lepas dari segala berita tentang Indonesia yang tidak jauh-jauh dari korupsi, tawuran, berebut pengaruh, perkosaan, perusakan, dll. Jarang bisa merasa tambah cinta tanah air hanya dengan mengikuti berita dari mana pun.

Merenung di gunung membuat saya jadi lebih bisa mencintai negeri ini. Terlalu sering diberi pengetahuan tentang kebobrokan negeri tidak nyaman buat saya sendiri. Makanya, kan ada baiknya kalau bisa menggali sendiri bagian dari Indonesia yang bisa dicintai, bukan korupsi, bukan tawuran, dan bukan pemaksaan keseragaman.

Mengibarkan bendera Merah Putih di puncak merapi jadi puncak kegembiraan saya juga selama perjalanan dua hari ini. Melihat alam terbentang di bawah gunung rasanya saya ingin berusaha lebih menghargai lagi negeri yang sudah jadi tempat tumbuh dan berkembang saya selama ini. Melihat banyaknya lagi orang-orang yang masih bertujuan sama, mengibarkan Merah Putih di puncak Merapi, menunjukkan masih banyak juga yang ingin menggali sesuatu untuk mencintai negerinya ini.

Semoga saya semakin banyak menemukan alasan untuk makin cinta dengan Indonesia dan bisa ikut serta dalam perkembangannya menuju semakin baik. Dan saya yakin bisa!

17 Agustus 2011, Selamat Ulang Tahun Indonesia

puncak di belakang itu tujuaanya
The Team
udah deket tempat camp, hari 1
di camp, mau pulang, hari 2



Tidak ada komentar:

Posting Komentar